DONASI

Dengan hanya meng-klik iklan-iklan di atas, anda sudah memberikan sedikit donasi pada blog ini.
Trim's


MEMBUAT DNS SERVER DEBIAN 5

DNS (Domain Name System) merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.

Pengertian beberapa bagian dari nama domain

Sebuah nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih (secara teknis disebut label), dipisahkan dengan titik.
  • Label paling kanan menyatakan top-level domain - domain tingkat atas/tinggi (misalkan, alamat www.belajarhari-ini.blogspot.com memiliki top-level domain com).
  • Setiap label di sebelah kirinya menyatakan sebuah sub-divisi atau subdomain dari domain yang lebih tinggi. Catatan: "subdomain" menyatakan ketergantungan relatif, bukan absolut. Contoh: yahoo.com merupakan subdomain dari domain com, dan mail.yahoo.com dapat membentuk subdomain dari domain yahoo.com (pada praktiknya, mail.yahoo.com sesungguhnya mewakili sebuah nama host - lihat dibawah). Secara teori, pembagian seperti ini dapat mencapai kedalaman 127 level, dan setiap label dapat terbentuk sampai dengan 63 karakter, selama total nama domain tidak melebihi panjang 255 karakter. Tetapi secara praktik, beberapa pendaftar nama domain (domain name registry) memiliki batas yang lebih sedikit.
  • Terakhir, bagian paling kiri dari bagian nama domain (biasanya) menyatakan nama host. Sisa dari nama domain menyatakan cara untuk membangun jalur logis untuk informasi yang dibutuhkan; nama host adalah tujuan sebenarnya dari nama sistem yang dicari alamat IP-nya. Contoh: nama domain www.google.com memiliki nama host "www"
 Sekarang saatnya kita berlanjut ke pembahasan pokok mengenai cara setting / membuat DNS Server pada Linux Debian.Klik link berikut untuk melihat Tutorial lengkapnya

0 komentar

Poskan Komentar

Ditunggu commentnyaaaaa......!!!!!!!!!

Entri Populer